BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 20 Maret 2011

Laporan 3 Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi

Jakarta, 16 Maret 2011. Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa dalam Pendidikan dengan dosen pembimbing Amril Muhammad, SE., M.Pd, membahas mengenai Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi.
Dalam organisasi, lingkungan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi jalan dan bertahannya perusahaan tersebut. Persaingan yang semakin berat karena majunya teknologi dan globalisasi akan membuat perusahaan berpikir keras guna inovatif dan eksistensi perusahaan agar tidak terjadi collapse.
Lingkungan organisasi adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kelangsungan, eksistensi, keberadaan, dan sebagainya yang menyangkut organisasi baik bersifat internal maupun eksternal. Lingkungan internal meliputi siapa yang berada di dalam organisasi (sumber daya manusia), kebijakan apa yang dibuat oleh organisasi, bagaimana aspek kepemimpinan dalam organisasi itu, ketersediaan sarana dan prasarana, serta budaya organisasi.
Untuk pencapaian tujuan organisasi yang baik, maka perlu diperhatikan dari titik yang paling awal dimana perekrutan seorang karyawan harus secara professional dan penempatannyapun harus sesuai kompetensi yang dimiliki calon karyawan tersebut seperti istilah yang tidak asing kita dengar yakni “The right man in the right place.” Selain itu harus dilihat pula dari komitmen yang ada pada diri karyawan terhadap perusahaan, karena dengan komitmen yang baik dari karyawan kepada perusahaan, maka kerja samapun akan berjalan dengan baik. Agar karyawan tetap semangat bekerja dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap perusahaan serta turn over yang ada di perusahaan tersebut rendah, maka harus ada reward untuk karyawan yang bersifat materi (gaji ataupun tunjangan) dan non materi (apresiasi maupun pujian). Setelah itu, perusahaan harus memberikan kesempatan karyawan untuk promosi (kesempatan naik level). Hal tersebut berkaitan dengan pengembangan diri karyawan yang berdampak baik pula bagi perusahaan.
Pembahasan yang kedua mengenai kebijakan yang dibuat oleh perusahaan, yang terkait visi dan misi perusahaan, sasaran, segmen, dan filosofi marketing sampai pada sociomarketing. Visi dan misi perusahaan menggambarkan perusahaan itu sendiri dan menyangkut terhadap sasaran yang dituju dari tujuan perusahaan tersebut. Kebijakan berpengaruh pula pada segmentasi pasar yang merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. Filosofi pemasaran juga berkaitan dengan kebijakan yang dibuat oleh perusahaan, apakah perusahaan tersebut mengedepankan kepuasan pelanggan atau mempromosikan produk sebesar-besarnya agar perusahaan tersebut mendapat untung yang besar.
Kepemimpinan dalam perusahaan bersifat universal. Dan tugas dari kepemimpinan yakni harus mampu mengambil keputusan atau kebijakan perusahaan. Namun, gaya dari pemimpin berbeda antara 1 dengan yang lainnya bergantung pada konsep dan bidang yang dimiliki oleh pemimpin tersebut dan setiap pemimpin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gaya pemimpin tersebut antara lain memberi ruang untuk kesepakatan (demokratis), berorientasi pada tugas yang dapat menyebabkan turn over tinggi, berorientasi pada sumber daya manusia yakni pembinaan pada karyawan serta yang terakhir yakni memeberikan kewenangan besar terhadap karyawan. Selain itu, kompetensi teknis dan manajerial juga dibutuhkan guna mengetahui kemampuan karyawan, lalu pemimpin harus dapat memotivasi karyawan, memonitoring, mengevaluasi serta kemampuan supervisi agar perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Selanjutnya, sarana prasarana juga perlu diperhatikan untuk produktivitas karyawan agar terjadi kenyamanan serta keamaan dalam bekerja (transportasi maupun kecelakaan kerja yang mungkin menimpa karyawan). Selain itu, kebutuhan karyawan yang menyangkut pekerjaan juga harus terpenuhi dengan baik.
Dalam faktor internal, budaya atau lingkungan yang ditampilkan perusahaan yang berupa nilai-nilai, dibangun dengan keteladanan dan ditunjukkan oleh pemimpin dengan tampilan fisik yang meliputi warna, penempatan dan bentuk, serta membangun image yang baik dan dapat memberikan dampak yang baik pula terhadap perusahaan.
Setelah pembahasan panjang lebar mengenai faktor internal yang mempengaruhi jalannya perusahaan, maka terdapat pula faktor eksternal yang berpengaruh dengan keberlangsungan perusahaan, antara lain faktor demografis yang meliputi populasi, banyaknya penduduk, kepadatan, lokasi , usia, jenis kelamin, ras serta pekerjaan. Selain itu terdapat pula natural environment (kemampuan membeli), technologi environment, politik dan budaya. Hal tersebut perlu diperhatikan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan proses yang baik antara karyawan dan pemimpin dari perusahaan tersebut, selain itu perusahaan dapat pula beradaptasi dengan lingkungan internal dan eksternal dari perusahaan. 

Khumairoh
1445091744
Manajemen Pendidikan Reguler 2009

0 komentar: